Pondok Pesantren adalah Lembaga
pendidikan tertua di Indonesia yang berkembang sejak zaman pra perjuangan
bangsa Indonesia dan sampai saat ini terus menunjukkan eksistensinya di
tengah-tengah masyarakat.
Keberadaan pondok pesantren di
Indonesia memiliki arti yang sangat penting untuk membangun bangsa Indonesia. Khususnya
pembangunan sumberdaya manusia secara menyeluruh baik pembangunan –pembangunan
mental, fakir, zikir dan karya atau
dalam bahasa pesantrennya iman,ilmudan amal.
Sejalan dengan perkembangan dan
kemajuan yang telah di capai oleh bangsa Indonesia pada segala bidang khususnya
tehnologi dan secience dan semakin terbukanya arus imformasi dan budaya. Disamping
adanya beberapa sebab dirasakan kaderisasi ulama pada podok pesantren mengalami
kemandekan, maka pondok pesantren harus berfikir ulang terhadap keseimbangan
system pendidikan dengan kemajuan yang telah dicapai oleh umat, khususnya
kemajuan dalam bidang materi sehingga risalah pesantern untuk membangun
manusia-manusia yang beriman berilmu dan beramal dapat terwujud.
Berdasarkan pemikiran diatas, Pondok
Pesantren Nurul Hakim mengambil langkah strategis dengan mendirikan pendidikan
tinggi yang dulunya dinamakan Qismul Aly dan sudah berjalan, namun tidak
dikelola dengan baik sesuai dengan manajemen pendidikan.
Maka sejak tahun 1990 pondok
peasantren nurul hakim mendirikan pendidikan tinggi pesantren yang dinamakan
Ma`had Ali Darul Hikmah Lilfikhi Wadda`wah
B.
Visi
dan Misi
- Visi
Unutuk mempersiapkan dan membina
maha Santri untuk menjadi muslim,mukmin dan muhsin yang memiliki keluasan ilmu
syariah dan wawasan keislaman yang memadai dan berjiwa ikhlas,tabah dan tanggap
terhadap situasi, serta memeiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan
syariat islam secara utuh dan dinamis.
- Misi
a.
Mengarahkan
maha santri agar mencintai dan memperdalam ilmu – ilmu agama islam dan ilmu
Bantu yang diperlukan
b.
Menanamkan
etos tafakkuh fiddin dikalangan maha santri agar mereka mampu memehami islam
secara benar.
c.
Mengkondisiskan
maha santri dlam suasana yang dapat melahirkan da`I dan ulama yang mampu
memecahkan masalah keagaman secara tepat sesuai dengan perkembangan zaman.
d.
Mengkondisiskan
maha santri dalam suasana yang dapat melahirkan guru agama, guru yang mampu
mengajarkan ilmu-ilmu agama kepada para santri Mts/MA, dipondok pesantren dan
masyarakat.
C.
Penyelenggaraan
Pendidikan
Ma’had Aly lilfikhi Wa Adda’wah
adalah program pendidikan tinggi pesantren dalam bidang ilmu agama islam yamg
diperuntukkan bagi para santri yang telah menamatkan madrasah Aliyah. Program
pengajiannya lebih dititik baratkan pada pendalaman fiqih dan da’wah.
Program
pendidikan di Ma’had Aly Darul Hikmah
berlangsung minimal selama empat tahun atau delapan semester dengan program
pendidikan sebagai berikut:
1.
Program
Kajian Utama
Program kajian utama adalah kajian
wajib bagi semua mahasantri yang dilakukan di dalam kelas masing-masing dengan
menggunakan kitab-kitab yang telah ditentukan dalam jadwal pelajaran. Kajian
utama dilaksanakan setiap hari, kecuali hari Jum’at karena waktu libur.
2.
Pengajian
tambahan
Disamping program pengajian utama
Ma’had Aly juga memberikan pengajian tambahan yang pelaksanaannya diluar
pengajian utama dan bertempat dikediaman para Tuan Guru staf pengajar dengan
bidang kajian yang tidak berbeda dengan pengajian utama.
Program kajian pada program tambahan
meliputi : Tafsir, Fiqih, Tauhid, Faraid, Al-Qur’an, Hadits. Kitab pegangan
yang disampaikan pada program pengajian tambahan adalah semua kitab penunjang
dengan memperbanyak diskusi (Bahsul Masail).
3.
Program
Pengabdian Masyarakat
Untuk mencapai tujuan umum atau khusus yang diinginkan maka Ma’had
Aly Darul Hikam disamping program pengajian utama dan tambahan juga mewajibkan
kepada para maha santri untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat
berbentuk;
a.
Didalam
Pondok Pesantren Nurul Hakim
1)
Menjadi
tenaga pengajar pengajian halaqoh kelas I,II dan III Madrasah Tsanawiayah
2)
Menjadi
tenaga pengasuh santi Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah di Ponpes Nurul Hakim
menjadi pembimbing / pengurus pada kegiatan Pondok Pesantren antara lain: keterampilan
menjahit, pertukangan, komputer, jamur, perkebunan, kepramukaan, olahraga dan
seni, percetakan, warung dan dapur
b.
Diluar
Ponpes Nurul Hakim
1)
Melaksanakan
kegiatan KKN singkat selama bulan Ramadhan pada beberapa tempat yang sudah
ditentukan seperti di Bayan Lombok Utara, Sekotong Lombok Barat dan Marong
Lombok Tengah.
2)
Mengadakan
pengajian umum diperkampungan / desa khususnya malam jum’at.
3)
Mengadakan
bakti social di desa tertingal di Lombok Barat.
4)
Menjadi
Khotib jum’at dibeberapamasjid , penceramah pada hari-hari besar Islam
D.
Sistim
/ Metode Pendidikan Dan Pengajaran
Ma’had Aly Darul Hikmah menggunakan metode pesantren dimana maha santri
diasramakan didalam Pondok Pesantren Nurul Hakim dan dibeberapa rumah penduduk
khususnya bagi maha santri yang mendapat tugas pembinaan masyarakat secara
umum.
Karena mereka bertempat tinggal
diasrama maka semua kegiatan selama 24 jam bisa dilaksanakan dengan baik sesuai
dengan jadwal adapun metode pengajian adlah sebagai berikut :
1. Wetonan yaitu Tuan Guru membaca
kitab kajian dan menerangkannya didepan maha santri atau sebaliknya atau maha santri secara
bergantian membaca kitab kajian didepan Tuan Guru.
2. Halaqoh / Muzakarah / diskusi / Bahsul Masail .
3. Pembuatan Makolah yang sifatnya tematis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar